Ajukan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan dengan Penuh Pertimbangan

Dalam mendapatkan Pinjaman tanpa jaminan, kita tidak bisa asal mengajukan saja. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar pinjaman yang kita lakukan ini terukur. Artinya, sesuai dengan kondisi keuangan, sehingga dalam membayar angsurannya bisa lunas tepat waktu.

pinjaman tanpa jaminan

  1. Mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran per bulan. KTA atau kredit tanpa agunan merupakan kerdit yang paling bersahabat karena tidak mengharuskan kita menjaminkan barang berharga. Namun, kredit ini pun menuntut kita memiliki pekerjaan dan pendapatan yang pasti setiap bulannya. Anda tentu memiliki pekerjaan dan penghasilan tersebut, namun lebih baik lagi Anda membuat perhitungannya agar semua kebutuhan setiap bulannya terpenuhi dan semua cicilan yang Anda miliki juga terbayar semua. Jika setelah melakukann perhitungan dari pendapatan dikurangi pengeluaran Anda per bulan sisanya sangat pas-pasan, sebaiknya jangan lakukan pinjaman lagi. Karena, maksimal pengeluaran yang Anda lakukan untuk bayar hutang tidak boleh sampai melebihi 30% dari penghasilan atau pendapatan.
  2. Mengenal istilah yang ada dalam KTA juga harus Anda lakukan. Pertama, ada tentu sudah tahu jika konsekuensi dari meminjam uang di bank akan dikenakan bunga. Namun, dibanding tempat pinjam uang lainnya, bunga bank dinilai lebih masuk akal dan relative tetap. Saat Anda melakukan pengajuan KTA atau saat pengajuan sudah disetujui, Anda harus menanyakan bunga yang ditetapkannya berapa, sistem perhitungan pembayaran setiap bulannya bagaimana, hingga bagaimana jika Anda ingin menutup kredit lebih awal bagaimana sistem perhitungan pembayarannya. Anda harus paham agar tidak terjadi salah paham yang membuat Anda berpikir pihak bank tidak membuat perhitungan dan tepat atau lainnya yang menurut Anda tidak adil.
  3. Pilihlah bank yang terbaik agar pinjaman yang Anda dapatkan sesuai kebutuhan dan semua persyaratan maupun ketentuannya tidak memberatkan. Cari yang namanya sudah dikenal dan kredibilitas serta reputasi yang begitu direkomendasikan, bank yang juga memberikan bunga ringan dengan jangka waktu pengembalian lebih lama untuk jumlah cicilan yang juga terasa lebih ringan.
  4. Sebelum menentukan berapa jumlah uang yang akan Anda ajukan sebagai dana tunai tanpa jaminan tersebut, Anda harus tahu dulu apa tujuan Anda meminjam tersebut, untuk kebutuhan apa, dan berapa jumlah yang dibutuhkan sesuai kebuthan tersebut. Pinjamlah sejumlah kebutuhan tersebut, jangan tergiur untuk mengajukan dalam jumlah yang lebih sekalipun melihat dari perhitungan penghasilan dan pengeluaran per bulan, Anda merasa sanggup. Ingat bahwa pinjaman ini tetaplah hutang. Anda harus membuat scenario terburuk ketika merencanakan mengambil hutang, sehingga tidak terjadi keterlambatan atau gagal bayar.  Bayarlah cicilan Anda dengan tepat waktu untuk membuat catatan atau track record yang baik, sehingga jika suatu saat Anda membutuhkan pinjaman lagi dari bank, bank mempercayai Anda kembali.

Selain bank, tempat pinjaman online kini pun marak sekali kemunculannya di dunia maya salah satu diantaranya adalah taralite.com yang merupakan tempat untuk mendapatkan dana tunai dengan plafon yang sangat tinggi, dimana persyaratan begitu mudah dan cepat, bunga pinjaman begitu kompetitif diatara semua vendor pemberi pinjaman. Berikut beberapa hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan memilih meminjam secara online tersebut.

  1. Reputasi sangat penting, sama seperti halnya Anda meminjam di bank. Tempat pinjam uang profesional pun pasti memiliki nasabah yang sudah mempercayainya. Selain itu, mereka mendukung kepercayaan nasabahnya dengan izin usaha yang jelas, persyaratan yang masuk akal, dan dibanding tempat pinjam online lainnya, resikonya lebih ringan.
  2. Besarnya bunga akan berpengaruh pada kemampuan Anda dalam membayar angsuran per bulan pinjaman ini. Jadi, pilih yang bunganya ringan dan jangka waktu pengembaliannya pun Anda rasa sudah sesuai dengan kemampuan atau kondisi keuangan.
  3. Dalam persyaratan pengajuan pinjaman online, persyaratan yang diminta biasanya sama saja dengan pengajuan ke bank. Namun, bedanya bukan dalam bentuk fotocopy tapi di scan, mulai dari KTP, foto, slip gaji, hingga buku tabungan. Formulir diisi secara online, Anda bisa melakukannya dengan lebih cepat. Pastikan Anda mengisinya dengan teliti agar tidak ada kesalahan. Notifikasi disetujui atau tidaknya pinjaman biasanya dilakukan melalui email dan beberapa jam kemudian, dana pun bisa langsung cair masuk ke rekening tabungan Anda.

Selain tempat pinjam online yang simple dengan proses pengajuan hingga pencairan dananya seperti di atas, ada juga tempat pinjam online yang mengharuskan Anda datang ke kantornya langsung untuk melihat langsung semua dokumen yang sudah Anda scan tersebut. Ini mungkin akan semakin meyakinkan Anda akan tempat pinjam online tersebut karena jelas kantornya. Namun, yang tanpa datang ke kantor pun, jika terpercaya mereka tetap akan menulis alamat kantor mereka hingga izin usaha jasanya tersebut. Jadi, Anda tidak harus takut. Demikian juga ketika Anda akan melakukan setoran, selesai setor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *