Tips Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Enak

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang telah mendapatkan pengakuan dari berbagai ahli kesehatan mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Tak heran banyak yang kemudian memanfaatkannya untuk berbagai keperluan mulai dari kesehatan, kecantikan dan juga bahkan untuk menurunkan berat badan alias diet.

Cara-memasak-beras-merahBeberapa ahli kesehatan juga menyarankan untuk memanfaatkan beras merah untuk diet yang lebih sehat. Bahkan kalau boleh disarankan, untuk anda yang menginginkan berat badan yang lebih baik atau ideal gunakanlah beras merah untuk program diet sehat anda. Pasalnya beras merah mampu membuat anda kenyang dengan waktu yang lebih lama dari biasanya. Sehingga setelah anda makan, anda tidak perlu ngemil lagi, dan anda pun bisa dapat bonus kesehatan badan. Dimana beras merah sendiri mampu membuat kadar kolesterol dalam darah anda menjadi turun dan menyehatkan jantung.

Faktanya memang beras merah ini sendiri memiliki perbedaan dengan beras putih pada umumnya. Dimana lapisan berwarna merah tersebutlah yang dipercaya mengandung banyak nutrisi yang sangat baik. Tak heran jika para ahli menganjurkan beras merah untuk diet sekaligus kesehatan. Sebut saja di dalam lapisan berwarna merah tersebut ada berbagai nutrisi yang sangat baik, diantaranya adalah serat yang tinggi, vitamin B1, mineral, dan juga rendah gula oleh karenanya sangat baik bagi penderita diabetes.

Akan tetapi, banyak yang menyayangkan bahwa memang beras merah ini ketika dimasak tidak memiliki rasa yang enak dan pulen layaknya beras putih yang umumnya dikonsumsi banyak masyarakat Indonesia. Hal ini tentu saja disebabkan oleh cara memasak yang sama dengan beras putih. Perlu anda sadari bahwa beras merah memiliki tekstur yang lebih keras dari beras putih. Oleh karena itulah, anda pun juga harus memperlakukannya atau memasaknya dengan cara yang berbeda pula. Seperti apa cara memasak beras merah agak pulen dan enak? Berikut uraiannya :

1. Cuci beras merah terlebih dahulu, dalam proses ini tidak ada perlakukan spesial yang harus kita lakukan. Sama saja dengan beras putih.

2. Setelah bersih, masukkan beras merah tersebut ke dalam panci dan menanaknya dengan air. Perbandingan air untuk memasak beras merah sendiri adalah 1 : 4 yaitu 1 gelas beras merah dicampur dengan 4 gelas air.

3. Sebelum ditanak, diamkan dulu beras merah di rendam di dalam air selama lebih kurang 30 menit untuk mendapatkan nasi yang pulen dan enak.

4. Setelah itu panaskan air dalam panci hingga mendidih, kemudian tuangkan beras merah ke dalam air mendidih tersebut dan diaduk baru tutup panci dengan penutup dan biarkan kembali mendidih.

5. Jika sudah sampai pada proses setengah matang, nasi ditiriskan dan siap untuk dikukus hingga matang dengan menggunakan dandang.

6. Untuk rasa yang lebih gurih, pada proses pengukusan taburkan garam halus secukupnya dan diaduk hingga rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *