Pola Makanan Sehat untuk Remaja

Makanan sehat bagi remaja merupakan hal yang sangat penting. Betapa tidak, karena pada masa ini, manusia mengalami pertumbuhan berat badan dan juga tinggi dengan sangat cepat. Oleh karenya dibutuhkan pola makan yang benar dan sehat untuk bisa membuat pertumbuhan di masa remaja menjadi maksimal dan tentunya juga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

pola-makan-remajaKemajuan zaman kadang membuat banyak remaja menginginkan segala sesuatunya berjalan dengan cara instan. Termasuk dalam hal makanan yang mereka konsumsi sehingga mereka pun lebih memilih makanan cepat saji untuk dikonsumsi. Kebiasaan konsumsi makanan jenis ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan berupa penyakit degeneratif usia muda. Dimana penyakit ini membuat beberapa fungsi organ tubuh jadi menurun  dan peyebab itu semua adalah pola makanna yang tidak sehat.

Lalu, agar tidak terjadi berbagai gangguan kesehatan yang dimaksud tentunya kita harus menjalankan pola makan yang sehat. Lalu, seperti apakah pola makanan yang sehat tersebut, berikut uraiannya :

Konsumsi makanan bergizi dan seimbang

Dalam menerapkan pola makanan sehat bagi remaja perlu kita ketahui bahwa tidak ada jenis masakan alias makanan yang memiliki gizi yang komplit atau lengkap. Oleh karenanya kekurangan jenis gizi yang dikandung harus ditopang alias dibantu dengan mengkonsumsi bahan makanan yang lain. Dimana makanan dengan gizi yang seimbang yang dimaksud adalah keseluruhan makanan yang dikonsumsi telah memiliki jumlah gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan juga lemak. Dimana kesemua gizi tersebut kita dapatkan dari pangan pokok, lauk pauk dan juga sayur-sayuran. Meski demikian asupan vitamin dan air juga tentunya kita butuhkan.

Kurangi konsumsi fast food

Pada dasarnya mengkosumsi makanan fast food bukan sesuatu yang diharamkan alias diperbolehkan namun hanya dalam intensitas yang tidak begitu banyak atau hanya sesekali saja. Oleh karena itu anda harus menjaga porsi makan dan menghindari untuk mengkonsumsi makanan fast food ini dalam jumlah yang begitu besar. Untuk diketahui bahwa makanan fast food memiliki jumlah kalori yang begitu besar sehingga tidak baik jika menumpuk di dalam tubuh dan menjadi lemak hingga akhirnya meningkatkan berat badan. Pada umumnya fast food sangat kurang kandung vitamin dan mineralnya.

Menghindari Soft Drink

Minuman soft drink pada dasarnya tidak mengandung nutrisi seperti protein, vitamin, mineral dan juga serat. Oleh karenanya untuk menghilangkan rasa dahaga anda sangat disarankan untuk hanya mengkonsumsi air putih saja karena baik untuk dapat merehidrasi anda tanpa membuat kalori dalam tubuh anda menjadi meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *